Melihat Masalah Dari Sudut Pandang yang Berbeda

Sahabat saya yang baik hatinya, selamat datang di BlogMotivasi.com. Nah pada artikel ini saya mau bercerita dan mencoba menginspirasi Anda, saya akan menceritakan sebuah cerita renungan motivasi yang mudah-mudahan bisa menginspirasi Anda.

Alkisah di sebuah kerajaan ada seorang raja bijaksana yang amat dicintai rakyatnya. Sudah tampan, berkharisma, berwibawa, pokoknya benar-benar lengkap deh raja ini. Dan yang sangat menarik, raja ini sangat setia dengan satu istrinya. Raja ini sangat mencintai istrinya, benar-benar sebuah teladan yang sangat baik.

Raja yang dicintai rakyatnya tadi, punya sebuah baturuby yang sangat indah. Sangking indahnya, sang raja sangat menjaga batu tersebut. Batu tersebut benar-benar indah tak terperikan. Suatu hari, raja berniat menghadiahkan batu tadi pada sang istrinya.Sebentar lagi istri sang raja akan berulang tahun, dan sebagai tanda cinta kasihnya, sang raja berniat menghadiahkan batu tersebut.

Akan tetapi sesuatu yang di luar dugaan menimpa raja, batu yang amat indah tadi mengalami keretakan akibat mengalami kecelakaan. Batu yang tadinya indah sekali, menjadi retak. Dan raja jadi sangat sedih. Berhari-hari raja merenung bagaimana cara mengembalikan batu itu kepada keadaan semula.

Hari demi hari berlalu, hingga akhirnya pada suatu hari raja mendapatkan ide. Raja berniat memanggil semua ahli batu yang ada di negeri tersebut. Semua dikumpulkan, dan raja pun mengatakan bahwa barangsiapa bisa mengembalikan batu itu ke keadaan semula, raja akan menghadiahkan banyak harta untuk orang yang berhasil.

Akan tetapi semua ahli sudah mencoba, namun tak satupun sanggup mengembalikan batu tersebut ke keadaan semula. Raja pun mulai putus asa, dan hari ulang tahun sang istri semakin dekat. Tapi raja belum menemukan cara mengembalikan batu tersebut ke keadaan semula. Raja menjadi makin sedih dan kabar kesedihan sang raja terus menyebar ke seluruh negeri, dan bahkan menjadi breaking news di beberapa stasiun tv nasional :D.

Hingga suatu hari, ada hal yang sangat tidak diduga. Seorang pemahat datang ke istana, akan tetapi sang pemahat sempat ditertawakan oleh prajurit penjaga istana saat berada di depan gerbang istana.

“Mau apa kamu ke sini, Pak tua?” tegur salah satu pasukan khusus penjaga istana.

Maaf ya mas, saya dengar raja sedang sedih karena batu permata milik beliau sedang mengalami kerusakan. Saya mau mencoba membuat raja kembali ceria.” Penjelasan dari Pak tua sang pemahat tadi dengan santun.

“Ahh yang benar saja, aku meragukan kamu Pak tua pakaian mu saja compang camping begini, benar-benar tidak meyakinkan bahwa kamu seorang ahli.” Prajurit lain mencoba merendahkan Pak tua.

Hingga tak berapa lama kemudian, sang raja muncul karena beliau sedang berjalan-jalan di sekitar istananya. Raja pun melihat kejadian yang sedang terjadi di depan gerbang.

“Sudah…sudah.. apa yang kalian lakukan.Berlaku lah sopan kepada siapa saja, tenang Pak.. jangan kuatir. Maaf, kalau boleh tahu apa maksud kedatangan Bapak kemari?”. Sapa sang raja dengan penuh kesantunan. Benar-benar pemimpin yang baik.

Ampun tuanku baginda, hamba mendengar baginda sedang sedih karena batu permata baginda sedang rusak. Dengan penuh kerendahan hati, hamba bermaksud mencoba membantu raja.”.

Sang raja pun merasa sedikit meragukan kemampuan Pak tua, tapi dengan rendah hati raja bertanya

Baiklah Pak, kalau boleh tahu apa yang akan Bapak lakukan?”.

“Ampun tuanku baginda, hamba tidak bisa mengembalikan batu permata kepada keadaan semula, akan tetapi jika baginda berkenan hamba akan menjadikan batu itu lebih indah.”. Jawab Pak tua.

Sang raja yang sudah putus asa pun mengiyakan apa yang dikatakan oleh Pak tua sang pemahat tadi. Akhirnya raja pun mengizinkan sang pemahat tadi mencoba memperbaiki dan menjadikan tampilan batu permata tadi mejadi lebih indah.

Selang beberapa hari, sang pemahat kembali kepada raja. “Ampun tuanku baginda, kini hamba sudah mempercantik batu ini. Hamba memahat batu permata merah besar ini menjadi sebuah bunga mawar, semoga baginda menyukai hasil kerja hamba.”.

Tak pelak raja pun kaget bukan kepalang. Akan tetapi raja pun terharu, sebab beliau benar-benar menyukai hasil kerja sang pemahat. Raja senang bukan kepalang, sebab pahatan bunga mawar tadi benar-benar indah, dan yang membuat raja makin gembira adalah istrinya amat menyukai bunga mawar. Sehingga kalau dijadikan kado ulang tahun maka sudah pasti istri sang raja akan senang tak terperikan.

Senyum indah pun merekah dari wajah sang raja. Pemahat tua tadi pun menjadi bahagia, sebab selain karena mendapatkan banyak hadiah dari raja, pak tua pemahat tadi juga senang sekali karena telah membahagiakan raja.

———————————————-

Sahabat saya yang baik hatinya, mengharukan sekali ya cerita tadi? Nah dari cerita tadi ada banyak hal yang bisa kita pelajari. Salah satunya adalah kita bisa belajar bahwa setiap masalah pasti punya solusi. Pelajaran yang bisa kita petik adalah kita perlu memadang sebuah masalah tidak hanya dari satu sisi saja, sebab jika kita melihat masalah dari sisi lain maka pasti solusi akan ditemukan.

Ya seperti halnya yang dilakukan oleh sang pemahat tadi, Beliau benar-benar luar biasa. Di mana sang pemahat menawarkan suatu solusi yang beda, dan di luar dugaan orang banyak. Sang pemahat benar-benar inovatif, dan kita bisa belajar banyak dari apa yang dilakukan sang pemahat.

Baik sekian artikel ini, semoga bisa membawa inspirasi untuk Anda :).

Salam sukses super dahsyat,

Jefferly Helianthusonfri

Folow Twitter BlogMotivasi.com @BlogMotivasiCom.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • sudut pandang yang berbeda
  • sudut pandang berbeda
  • melihat dari sudut pandang yang berbeda
  • melihat dari sudut pandang berbeda
  • melihat masalah dari berbagai sudut pandang
  • cara melihat masalah
  • cara pandang yang berbeda
  • melihat masalah dari sudut pandang berbeda
  • sudut pandang masalah
  • sudut pandang yg berbeda

2 thoughts on “Melihat Masalah Dari Sudut Pandang yang Berbeda

  1. memang yang namanya hidup itu tidak akan pernah luput dari yang namanya masalah. tp justru dgn seringnya kt menghadapi masalah, maka semakin pandailah kt. percayalah!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *