Belajar Sukses dari Soichiro Honda

Siapa orang yang tak mengenai Soichiro Honda? 🙂 Pebisnis sukses yang juga menjadi seorang pelopor dunia otomotif modern dengan perusahaannya yang super megah, banyak hasil buah karyanya menjadi memudahkan kehidupan manusia. Sebagai tokoh yang sangat luar biasa, maka pada kesempatan kali ini BlogMotivasi.com akan membahas mengenai artikel yang sangat menarik yakni Belajar dari Soichiro Honda.

Apa saja yang bisa kita pelajari dari sosok Beliau? Mari kita bahas.

Siapa Soichiro Honda?

Soichiro Honda adalah seorang pebisnis otomotif besar asal Jepang yang lahir pada 17 November 1906 di Hamamatzu, Shizuoka, Jepang. Terlahir bukan dari keluarga kaya, membuat ia dibesarkan dalam keadaan yang bersahaja dan penuh disiplin. Kehidupan seorang Honda banyak dilalui dengan bekerja membantu ayahnya berbisnis reparasi sepeda, namun ada satu hal yang luar biasa dari Honda. Ia telah bekerja di usia 15 tahun di Tokyo, saat itu Honda memutuskan tidak melanjutkan sekolahnya. Dia magang di sebuah bengkel Art Shokai. Pengalaman magang inilah yang banyak memberi pengaruh bagi seorang Honda.

Perlahan namun pasti karier Honda mulai menanjak, meski memulai benar-benar dari bawah lama kelamaan ia mulai terbiasa dan menjadi luar biasa dalam bekerja, mampu memperbaiki banyak mobil, ditugaskan ke luar kota dan banyak prestasi memuaskan dar Honda dalam bekerja.

Pada April 1928 di usia 22 tahun, Soichiro Honda menyelesaikan magang dan membuka cabang Art Shokai di Hamamatsu. Lama kelamaan usaha dari Honda terus berkembang, jumlah karyawannya yang semula hanya satu terus bertambah hingga mencapai lebih dari 30 orang. Karena Honda adalah tipikal orang yang tidak cepat puas, Beliau terus berinovasi. Dengan segudang mimpi dan gagasan, Honda menjadi semakin terpanggil menjadi ahli mesin yang luar biasa.

Beragam gagasan produk yang ia miliki coba dikejerkan, banyak inovasi yang dilakukan. Salah satunya adalah pemasangan mesin pada sepeda (ide inilah yang menjadi cikal bakal sepeda motor 😀 ). Akhirnya pada September 1948 didirikanlah Honda Motor Company.

Di awal, memang produk-produk Honda sangat diminati dan angka penjualan cukup tinggi, namun karena ketidakpintaran dalam mengelola finansial Honda Company mengalami kriris finansial. Krisis itulah yang membuat Soichiro Honda bertemu dengan Takeo Fujisawa yang akhirnya juga banyak berperan dalam pengembangan perusahaan Honda.

Dengan terus berinovasi, kini Honda menjadi produk kendaraan bermotor dan mesin yang terdepan di Indonesia, bahkan dunial. Banyak produk-produk Honda yang sangat bermafaat bagi kita, sudah seharunya kita masyarakat Indonesia banyak belajar dari masyarakat Jepang dalam berinovasi, berbisnis dan mengembangkan kehidupan.

Passion Itu Perlu 🙂

Siapa sangka seorang Soichiro yang sejak kecil sudah mengagumi mobil dan mesin mampu menjadi seorang pebisnis besar yang luar biasa sukses? Sejak kecil seorang Soichiro sudah terbiasa menjadi sosok yang punya banyak gagasan dan impian. Kecintaan (passion) nya pada dunia mesin memang telah menjadikannnya begitu luar biasa.

Bahkan pada tahun 1914 (usia Soichiro 8 tahun), ia rela mengejar-ngejar sebuah mobil dan karena tidak terkejar ia mencium bau oli mobil yang jatuh di jalan.. 😀 memang tampak memalukan tapi itulah yang namanya semangat dan passion.

Karena passion yang begitu besar di dunia otomotif, Socihiro sudah bekerja di bengkel sejak usia 15 tahun. Tentu usia yang sangat muda. Dan dari sanalah ia terus berkembang hingga mampu menjadi seorang yang luar biasa berjasa bagi perkembangan kehidupan kita.

So sahabat-sahabat saya yang super, kita setiap pribadi pasti memiliki minat di bidang tertentu. Tak perlu minder dengan minat atau hobi kita, sebab semua hobi/minat itu baik apabila diarahkan untuk sesuatu yang positif. Mulai dari sekarang bergairahlah dalam melakukan kegiatan yang Anda sukai, lakukan sesuatu yang baik dan mudah-mudahan dari sana bisa muncul ide-ide dan tindakan untuk meraih sukses :).

Hidup Ini Action

Salah satu hal yang sangat saya kagumi dari seorang Soichiro adalah ia berani bekerja di Tokyo meski baru berusia 15 tahun dan tanpa diberi pendidikan formal yang cukup. Dan dari keberaniannya itulah ia bisa meraih banyak sukses.

Jadi, kita yang sudah punya pendidikan matang, sudah lulus kuliah, sudah sekolah, sudah bekerja, kenapa kita tidak action seperti yang dilakukan Honda? Jangan takut.. hidup tanpa action dan resiko adalah hidup yang tidak seutuhnya.

Jangan Mudah Menyerah

Pada kisaran tahun 1940-an Perang Dunia II melanda dan saat-saat itulah usaha Soichiro mulai tumbuh. Bengkel dan usahanya mulai tumbuh pesat namun perang yang amat besar juga memberi dampak pada bisnisnya. Pabirk-pabriknya terbakar, hingga akhirnya ia terpaksa mendirikan labolatorium dari puing-puing barang yang sudah tidak terpakai lagi.

Bukan hanya perang, banyak rintangan lain yang menjadi ujian ketahanan bisnis Honda, mulai dari jatuh sakit, kebakaran pabrik, krisis akibat perang dan masih banyak lagi.

Namun berkat ketahanan dan usahanya untuk bertahan-lah, Honda terbiasa menghadapi situasi-situasi sulit. Dan kelak tentu saja pengelaman tersebut menjadi bermanfaat bagi kesuksesan bisnisnya. So, never give up.

Sebagai penutup artikel kali ini, izinkan saya untuk menyampaikan sebuah kutipan dari Soichiro Honda :).

“Orang melihat kesuksesan saya hanya 1 %, tapi mereka tidak melihat 99 % kegagalan saya!”.

~Soichiro Honda~

sumber referensi :

sumber gambar : google.com

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • motivasi honda
  • artikel tokoh inspiratif
  • motivasi soichiro honda
  • kata motivasi soichiro honda
  • belajar dari honda
  • artikel tokoh inspiratif indonesia
  • tokoh inspiratif
  • artikel tentang soichiro honda
  • kesuksesan soichiro honda
  • belajar dari soichiro honda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *