Bagaimana Cara Membangkitkan Motivasi?

Semua orang pasti membutuhkan motivasi, entah itu para karyawan, pelajar, pengusaha, dan beragam profesi lainnya. Akan tetapi motivasi itu tak selamanya bisa ada di dalam diri, terkadang rasa galau, jenuh, dan bosan. Bukan tidak mungkin karena menurun atau bahkan hilangnya motivasi, maka produktivitas kita bisa menurun.

So, bahasan kita pada artikel ini adalah bagaimana cara membangkitkan motivasi. Kita akan bicarakan semuanya secara jelas, mudah dimengerti dan motivasi Anda akan bangkit kembali :).

Ketika kita merasa jenuh, maka kita seperti kehilangan motivasi tapi tidaklah seburuk itu. Misalnya kita jenuh dengan pekerjaan yang rutin kita lakukan sebagai karyawan dari Senin sampai Jum’at dan mungkin kita bosan dengan gaji yang segitu-segitu saja, apakah itu kehilangan motivasi? Tidak..

Jika dalam kasus seperti itu, kita itu bukan kehilangan motivasi. Tapi itu adalahtanda harus ada perubahan. Kita harus berubah menjadi lebih baik, lebih berani, dan lebih memantaskan diri untuk dibayar mahal. So, mungkin ada dua jalan keluar yang bisa membuat kita meninggalkan rasa jenuh tersebut, pertamaresign(mengundurkan diri) dan menjadi wirausaha ataupun bertahan di pekerjaan tersebut untuk melampaui kualitas terbaik yang bisa kita capai.

Jadi, segala sesuatu itu bisa menjadi tanda untuk Anda termasuk dalam hal kehilangan atau kekurangan motivasi.

Ini dia beberapa tips untuk membangkitkan motivasi Anda :).

Punya Target

Iya punya target.. inget saat kita sering mengucapkan kata-kata seandainya ?.. seandainya aku lebih kaya, seandainya aku lebih berani, seandainya aku dapat pekerjaan seperti dia.. Jadikanlah kata-kata seandainya itu sebagai target atau titik poin yang harus Anda capai. Misalnya Anda mengatakan, seandainya aku itu bisa seperti dia jadi pembicara publik pasti enak deh..

Nah dari sana bangulah cita-cita dan target Anda. Ingat lho target itu bertanggal. Tentukan kapan target itu harus dicapai, jelaskan tanggal detailnya. Tak perlu sibuk memikirikan bisa atau tidak kita mencapai target kita, tapi berfokuslah pada yang bisa kita kerjakan untuk mencapai target tersebut.

So, miliki target Anda dan kejar target itu mudah-mudahan motivasi Anda bangkit kembali.

Berpikir dan Bertindak Positif

Ya, suatu motivasi dan semangat itu baru bisa kita dapatkan bila kita punya suatu aura positif. Bagaimana cara mendapatkan aura positif? Caranya adalah dengan berpikir dan bertindak positif. Lalu gimana  cara bisa berpikir dan bertindak positif?

Supaya bisa mendapatkan tenaga untuk berpikir dan bertindak positif maka kita butuh melakukan hal-hal berikut :

  1. Awali pagi dengan sesuatu yang positif, entah itu berdoa, membaca buku motivasi, menonton video motivasi, menikmati pagi bersama istri/suami dan anak-anak tercinta, dan banyak lagi.  Jika kita memulai dengan sesuatu yang positif mudah-mudahan kita juga bisa melewati pertengahan hingga akhir dengan sesuatu yang positif.
  2. Miliki motivasi dari dalam diri. Terlihat jelas perbedaan antara orang yang punya motivasi internal dan yang tidak punya motivasi internal (dari dalam diri). Orang yang punya motivasi dari dalam diri, tidak akan kehilangan motivasi ketika satu harapan mereka hilang. Kalau orang eksternal motivasinya kan karena ada sesuatu hal reward yang mau dikejar, seperti uang, bonus, pangkat dan sebagainya. Akan tetapi ketika reward tersebut hilang maka motivasi bisa jadi drop. Untuk itu bangun dan perkuat motivasi dari dalam diri Anda.
  3. Syukuri kehidupan ini. Orang yang bersyukur itu hidupnya indah sekali, mereka akan bekerja sebaik-baiknya, mereka sibuk sekali melayani sesama dan mereka begitu mencintai hidup mereka. Alhasil mereka tidak sempat mengeluh dan bersedih-sedih karena beratnya masalah yang ada di hadapan mereka. Selain itu dengan bersyukur maka kita akan lebih mudah ingat ke pada Yang Maha Kuat.
  4. Paksa dan usahakan diri Anda membahagiakan orang lain setiap harinya. Misalnya dengan cara tersenyum, memuji, mendoakan dan melayani mereka. Entah itu pasangan, anak-anak, klien, rekan kerja dan sebagainya. Dengan memuji, tersenyum, dan membahagiakan orang lain maka kita akan bahagia dan tindakan serta pikiran positif akan tercipta.
  5. Ciptakan dan bergaulah dengan rekan-rekan yang super, ya bekerjalah di tim yang penuh semangat, punya passion, bergairah dan mau bekerja keras. Kalau bisa hindari pergaulan dengan orang yang pengeluh, dan menganggap semua kesulitan sebagai nasib.
  6. Hindari kata-kata yang merendahkan diri sendiri. Contoh kata-katanya misalnya tidak dapat, tidak bisa, tidak mampu, malas, bodoh, tidak berpengalaman dan berbagai kata-kata senada seperti itu. Ingat, orang yang sukses adalah orang yang menghormati diri nya sendiri dan orang lain tentunya.

 

Rekan pembaca yang rezekinya baik, itu lah beberapa tip dari saya untuk membangkitkan motivasi kita bersama. Sekali lagi ini masalah keputusan, kalau Anda mau maka pasti bisa. Kalau Anda mau punya motivasi, maka putuskan untuk bisa punya motivasi. Mudah-mudahan sharing ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Tetaplah menjadi pribadi yang super.

Jefferly Helianthusonfri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • motivasi target
  • motivasi kejar target
  • motivasi mencapai target
  • membangkitkan motivasi
  • cara kejar target
  • bagaimana cara membangkitkan motivasi
  • kata motivasi kejar target
  • cara membangkitkan aura positif
  • cara mendapatkan motivasi
  • membangkitkan aura positif

3 thoughts on “Bagaimana Cara Membangkitkan Motivasi?

  1. Pingback: 5 Cara Supaya Sukses Dalam Pekerjaan | Blog Motivasi

  2. sama-sama mbak.
    terima kasih atas kunjungan dan komentarnya yang luar biasa.

    salam super

    BlogMotivasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>