Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Pengusaha?

Menjadi pengusaha adalah pilihan luar biasa dan berani yang perlu kita pilih jika kita ingin mendapatkan kebabasan finansial. Tanpa menjadi seorang pengusaha, tentulah kita akan sulit mencapai yang namanya kebebasan finansial. Sebab dengan menjadi seorang pengusaha, kita tidak ada batasnya.

Namun tentu tidaklah semudah membalik telapak tangan untuk jadi seorang entrepreneur, butuh kerja keras, bantuan Tuhan dan iklhas. Bicara soal wirausaha, lalu apa sajakah yang dibutuhkan untuk bisa menjadi seorang pengusaha.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka saya mau menulis artikel ini. Ya meskipun saya belum menjadi pengusaha super sukses, tapi saya sudah berwirausaha lho :) Setidaknya berikut ini beberapa hal yang kita butuhkan untuk menjadi pengusaha menurut pendapat saya.

Punya Keinginan (Niat)

Segala sesuatu itu tergantung dari niatnya, kalau niatnya baik maka mudah-mudahan kita juga dapat baik. Untuk bisa jadi seorang pengusaha kita perlu punya niat yang kuat. Dengan niat yang kuat, jelas kita akan kita akan siap bekerja keras. Buah dari niat yang sungguh-sungguh adalah semangat, kemauan dan kerja keras. Untuk itu pastikan niat Anda benar-benar yakin saya mau jadi pengusaha.

Katakan hal tersebut dan yakinkan pada diri Anda terus menerus, tanamkan benih di pikiran Anda bahwa Anda benar-benar ingin menjadi pengusaha.

Berani dan Fokus

Pernah dengar ungkapan keajaiban berpihak kepada mereka yang berani? Dan memang hal tersebut benar bahwa kebaranian sangat diperlukan untuk terjun ke dalam bisnis. Nah bagaimana mendapatkan keberanian? Caranya adalah dengan melakukan. Agar lebih jelas mengenai cara mendapatkan keberanian Anda bisa coba menonton video motivasi Pak Mario Teguh.

Kemudian yang perlu dimiliki adalah fokus. Fokuslah pada keberhasilan Anda, jangan mudah goyah bila ada sesuatu yang kurang mendukung Anda. Mungkin lingkungan sekitar tidak mendukung, atau orang-orang skeptis pada keberhasilan Anda jangan pedulikan itu. Katakan pada diri Anda memang aku sekarang belum berhasil tapi lihat saja nanti. Kita hidup bukan hanya untuk menang hari ini, tapi juga untuk menang di masa depan.

Bila kita tidak fokus , kita akan mudah salah dalam melakukan suatu tindakan. Ambil contoh dulu saya pernah membuat dan mencoba berbisnis dengan beberapa blog sekaligus. Tapi karena kurang fokus saya jadi bosan dan hasilnya blog-blog tersebut jadi terbengkalai dan hasilnya saya (nyaris) merugi, so fokus itu penting ya.

Punya Kemampuan

Ya iyalah, kalau kita tidak punya kemampuan apa yang mau kita tukar. Meskipun Anda tidak bisa membuat produk, tapi kalau Anda bisa memasarakannya maka Anda bisa membuat bisnis di bidang pemasaran produknya. Ada istilah yang mengatakan bahwa you cannot buy the skill to be great, keahlian tidak bisa kita beli. Hanya bisa kita dapatkan dengan belajar. Untuk itu pastikan Anda punya kemampuan di bidang yang akan jadi lahan bisnis Anda.

Akan lebih baik bila Anda bisa berbisnis di bidang yang memang menjadi hobi atau keterampilan Anda. Sebab disanalah Anda akan menemukan passions. Sukses berawal dari passions.

Kemampuan yang saya maksud di sini bukan hanya kemampuan teknis, tapi juga kemampuan pendukung lain seperti kemampuan inovasi, kemampuan mengelola sistem, kemampuan organisasi dan banyak lagi. Tapi jangan tunggu sampai Anda bisa semua kemampuan itu, cara terbaik untuk menjadi wirausaha adalah dengan memulai. Ya, lakukan apa yang bisa Anda lakukan saat ini.

Dekat dan Sadar Akan Tuhan

Kalau mau sukses, sadarilah kehadiran Tuhan dalam hidup Anda. Berdoalah supaya Tuhan melimpahkan kekuatan dan izin-Nya supaya Anda bisa membahagiakan orang lain lewat bisnis Anda. Setiap hari berdoalah dan mohon izin Tuhan agar diberi izin untuk mengunduh rezeki-Nya, mudah-mudahan dengan doa kita jadi lebih mudah menjalani kehidupan ini.

Tapi doa saja jelas tidak cukup, butuh usaha. Usaha tanpa doa itu sia-sia, dan doa tanpa usaha apalagi :).

Sifat Tidak Takut Gagal

Jika Anda diberi 1000 hal. Yakni 900 kegagalan, dan 100 keberhasilan. Anda mau habiskan yang mana dulu?

Saya yakin sebagian besar orang akan memilih menghabiskan 900 kegagalannya dulu kan? Nah prinsip itu juga perlu kita pegang sebagai seorang wirausaha. Kita tidak boleh takut gagal, orang yang tidak pernah gagal biasanya adalah orang yang tidak pernah mencoba. Lebih baik kita gagal dulu 900 kali baru nanti kita menikmati 100 keberhasilan sebagai upah kita.

Saya ingat betul kata-kata Pak Mario Teguh, lebih baik salah keras daripada benar tapi nggak kedengaran. Jadi mulai sekarang sebagai orang yang akan jadi wirausahawan kita tidak boleh takut gagal. Barangkali dari kegagalan itu mungkin saja ada yang bisa kita ambil hikmahnya. So jangan jadikan rasa takut gagal sebagai alasan tidak untuk mencoba, tapi jadikanlah rasa takut gagal itu menjadi semangat supaya Anda terus bekerja keras dan berinovasi. Kalau gagal? Gak apa-apa ambil aja hikmahnya.

Nah itulah yang menurut saya perlu kita persiapkan bila kita ingin menjadi seorang pengusaha. Lho, ke mana modalnya? Sahabat saya yang super, ingat lho modal itu bukan cuma uang. 5 hal di atas yang tadi kita bahas itu modal bukan? Iya kan.. Jadi sebenarnya tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memulai berbisnis.

Di mana ada kemauan di situ ada jalan, dan ingat cara terbaik untuk mulai adalah memulai.

Sekian artikel ini, dan selamat membangun bisnis. O iya jangan lupa baca artikel Cara Membangkitkan Motivasi ya, supaya Anda makin semangat memulai berbisnis.

Tetap semangat dan salam super !!

Jefferly Helianthusonfri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • video motivasi
  • motivasi wirausaha mario teguh
  • menjadi wirausaha
  • mario teguh wirausaha
  • mario teguh tentang pengusaha
  • mario teguh tentang wirausaha
  • kewirausahaan menurut mario teguh
  • motivasi menjadi wirausaha
  • ingin menjAdi pengusaha
  • pak mario bagaimana caranya mau jd sukses

3 thoughts on “Apa Saja yang Dibutuhkan Untuk Menjadi Pengusaha?

  1. ini blog gak ada yang komen,,, padahal artikelnya bagus,,,
    coba kalo mas bikin pake bhasa ingris pasti banyak yg komen.

    karna emang orang indo mentalnya rata” tempe..
    gak ada yg pengen jadi pemenang “PEENGUSAHA”..

    • Tidak perlu sekeras itu mas fadil, setiap org pny masing2 cara tangkap & penyampaiannya semua bebas tetapi mesti menjaga sopan santun. So sprt yang telah di bahas ada hikmah dalam setiap usaha.. Salam

    • Iya mas, saran saya lebih berhati-hati dalam berkomentar di dunia maya. :)

      Kita dinilai dari bahasa yang kita gunakan. :). Kendati demikian, terima kasih telah membaca blog ini.

      Salam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>