8 Kebiasaan Sehat ala Orang Jepang Agar Panjang Umur

Panjang umur? Siapa yang tidak mau? Dalam setiap doa saat ulang tahun, kata panjang umur selalu terselip. Gue doa’inlu panjang umur ya, semoga kamu panjang umur ya, begitulah doa yang sering kita dengar. Tapi sekeras apapun kita berdoa, kalau kita suka merusak kesehatan maka panjang umur hanya sebuah angan-angan yang tak bakal terealisasikan.

Untuk itu menjaga pola hidup (kebiasaan hidup) sehat perlu kita tanamkan sejak dini, kapan waktu terbaik untuk memulai hidup sehat? Sekarang. Nah bicara soal kebiasaan hidup sehat maka kali ini saya akan bahas mengenai 8 kebiasaan sehat ala orang Jepang. Apa saja kebiasaanya? Silakan simak yang berikut ini.

1. Suka Makan Sayuran

Sayuran adalah salah satu makanan yang amat sehat untuk tubuh kita, nah orang Jepang suka lho makan sayuran. Untuk itu kalau kita mau sehat, maka makan sayur secara cukup adalah baik bagi tubuh. Orang Jepang amat menyukai sayur, dan mereka sering menjadikan sayur sebagai komposisi untuk diet.

2. Variasi dalam Konsumsi Karbohidrat

Tidak seperti di Indonesia, di Jepang konsumsi karbohidrat amatlah variatif. Orang Jepang tidak makan nasi 3 x sehari, akan tetapi mereka punya cara tersendiri. Sebagian besar orang Jepang punya cukup banyak pilihan karbohidrat selain nasi, di antaranya udon (mie dari beras), soba (mie dari buckle wheat), dan sereal. Hal ini membantu mereka agar kadar karbohidrat dalam tubuh mereka tidak berlebihan. So, yuk kita coba hal semacam ini agar hidup jadi sehat.

3. Orang Jepang Makan dengan Porsi yang Kecil-Kecil

Pernah lihat kan kalau orang Jepang lagi makan, misalnya di film-film. Mereka biasa makan dengan memakai mangkuk kecil, nah mangkuk kecil itullah yang membuat orang Jepang bisa makan dengan porsi yang kecil-kecil. Manusia selalu punya kecenderungan untuk memakan apapaun makanan yang disediakan.

Nah dengan memakai mangkuk kecil maka orang Jepang bisa mengontrol diri mereka, jadi asupan makanan yang masuk selalu bisa baik bagi tubuh. Dengan kebiasaan semacam ini, kita akan terbiasa menakar makanan sesuai dengan porsi dan kebutuhan kita.

4. Mengelola Makanan Secara Sederhana

Di Jepang, kebanyakan orang mengelola makanan dengan sederhana, yakni dengan direbus, dipanggang, atau ditumis sebentar. Dengan cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang memasak sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.

Dengan mengkonsumsi makanan yang terjaga kualitasnya, maka mudah-mudahan tubuh kita akan tetap sehat dan jarang terkena penyakit.

5. Orang Jepang Suka Berolahraga

Di Jepang orang amat suka berolahgara, olahraganya pun tidak harus muluk-muluk, akan tetapi cukup sederhana. Misalnya dengan berjalan kaki. Dengan cara masak seperti ini, makanan tidak akan melalui proses panjang memasak sehingga kerusakan yang terjadi maupun radikal bebas yang terbentuk dari setiap proses memasak akan menjadi sangat minimal. Dan hal ini membuat kualitas makanan terjaga dengan baik.

Kebiasaan berjalan kaki amatlah penting kita latih pada diri kita sendiri, anak-anak ataupun keluarga kita. Dan jika sudah jadi kebiasaan, maka kita bisa lebih tahan kalau harus berjalan kaki. Mengenai waktu berjalan kaki, bisa kita lakukan kapan saja. Entah itu saat hendak berangkat sekolah, hendak bekerja, sewaktu sore, ketika pagi-pagi dan sebagainya.

6. Mengunyah Makanan Secara Perlahan-lahan

Entah benar atau tidak, tapi berdasarkan salah satu sumber yang saya baca di internet, orang Jepang terbiasa makan secara perlahan-lahan. Kuliner Jepang biasa dikemas secara cantik, jadi ketika makan orang pun bisa menikmati keindahan kuliner tersebut, dan proses makan bisa berjalan lebih santai dan perlahan-lahan.

Beberapa penelitian juga membuktikan bahwa makanan yang dikunyah secara perlahan-lahan dan ideal juga baik untuk kesehatan pencernaan kita. Idealnya seseorang mengunyah makanan sampai 32 kali. Jadi, apakah Anda tertarik juga untuk mencoba?

7. Orang Jepang Suka Minum Teh Hijau

Salah satu budaya Jepang yang kerap kita lihat adalah minum teh, terutama teh hijau. Teh hijau termasuk asupan nutrisi yang amat baik bagi tubuh, sebab teh hijau dikenal memiliki aktivitas antioksidan cukup tinggi. Menurut hasil penelitian, antioksidan catechin dan senyawa EGCG di dalam teh hijau bisa mempercepat metabolisme tubuh manusia. Sehingga nutrisi makanan dan kalori dalam tubuh bisa segera diproses menjadi energi yang dibutuhkan tubuh untuk melakukan aktivitas. Minum teh hijau juga bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung, osteoporosis, juga kanker.

Lebih lanjut mengenai manfaat teh hijau bisa Anda baca di khasiat teh hijau.

8. Orang Jepang Suka Mengkonsumsi Ikan

Sudah bukan rahasia umum jika orang Jepang suka makan ikan, ikan memang mengandung banyak protein. Untuk itu membiasakan diri mengkonsumsi ikan juga perlu kita lakukan. Nah di Jepang nih katanya, oorang terbiasa makan ikan tuna, makarel, dan salmon. Ketiga jenis ikan ini diyakini mengandung asam lemak omega-3, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan kanker payudara.

Bagaimana? Anda tertarik ikut-ikutan pola hidup sehat Jepang? Jika ya, semoga saja artikel ini bisa bermanfaat. Mudah-mudahan Tuhan merahmati kita dengan keinginan, semangat, dan kekuatan untuk hidup secara sehat dan berbahagia.

Aamin.

Download ebook motivasi Jefferly di sini.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • cara kerja orang jepang
  • motivasi hidup sehat
  • motivasi sehat
  • motivasi orang jepang
  • motivasi kerja orang jepang
  • motivasi jepang
  • doa panjang umur dan sehat
  • motivasi untuk sehat
  • hidup sehat ala jepang
  • motivasi hidup orang jepang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *