7 Tips Meningkatkan Semangat Bekerja Setelah Liburan

Musim liburan adalah musim yang sangat ditunggu oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Baik itu para karyawan, pekerja profesional, anak sekolah, mahasiswa/mahasiswi dan sebagainya. Tak jarang musim liburan sering dijadikan momentum kebangkitan, he..he.. Nah bicara soal liburan, maka kali ini saya punya bahasan menarik mengenai 7 Tips Meningkatkan Semangat Bekerja Sehabis Liburan.

Sebelum masuk ke pembahasan lebih jauh, saya juga mau mengucapkan selamat hari raya Idul Fitri 1433 H, semoga amal ibadah selama puasa dapat dilanjutkan sampai 11 bulan ke depan, sehingga bisa menjadi jiwa dan pribadi yang lebih baik lagi. Aamin.

Posting kali ini sengaja saya buat untuk membantu teman-teman meningkatkan motivasi kerjanya yang memang kita baru saja menjalani liburan idul fitri. Apa saja ke-7 tipsnya?

1. Miliki Impian dan Tindakan Untuk Jadi Orang Kaya

Ya ini adalah tips yang paling ampuh, saya sarankan agar Anda memiliki pola pikir (mindset) dan semangat serta tindakan untuk jadi orang kaya. Jika pendapatan Anda saat ini masih kurang atau belum mencukupi standar kehidupan yang sejahtera dan melimpah maka segeralah bertindak untuk jadi orang kaya.

Sebab dengan bermimpi serta bertindak untuk jadi orang kaya maka semangat kerja kita akan meningkat berlipat-lipat. Seperti apa orang kaya itu? Orang kaya itu adalah orang yang berani membangun bisnisnya sendiri. Jadi setelah liburan biar semangat kerja Anda meningkat milikilah pola pikir dan tindakan untuk mempekerjakan orang lain. Bukan dipekerjakan oleh orang lain.

2. Buat Suasana Baru di Tempat Kerja Anda

Terkadang rasa jenuh dalam bekerja bisa ditimbulkan oleh suasana ruang atau tempat kerja yang membosankan. Nah solusinya adalah menciptakan suasana baru di tempat kerja Anda, rapikan berkas-berkas yang tidak diperlukan, susun ulang meja kerja Anda, tarulah hiasan atau foto keluarga Anda, dan lain sebagainya.

Mudah-mudahan dengan hadirnya suasana baru, semangat kerja Anda juga terbarukan.

3. Ciptakan Kebersamaan Bersama Rekan-Rekan Anda

Kebersamaan sesama rekan kerja adalah hal yang sangat baik dalam meningkatkan kinerja bisnis kita. Untuk itu sehabis liburan jangan lupa menciptakan lagi kebersamaan antar sesama rekan kerja. Suasana kebersamaan akan sangat efektif untuk membangkitkan semangat kerja kita.

Bagaimana cara menciptakan kembali kebersamaan dengan rekan-rekan kerja kita? Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan, misalnya dengan bermain futsal bersama, makan siang bersama teman kantor, bercerita pengalaman liburan dan banyak lagi. Lakukan kegiatan secara bersama, maka akan timbul semangat kekompakkan di sana.

4. Kerjakan Tugas-Tugas yang Terjangkau Sekarang

Ketika kita bekerja, kita pastinya punya tugas-tugas yang harus diselesaikan bukan?
Nah agar semangat kerja Anda kembali terpompa maka ciptakan sebuah momentum awal untuk meningkatkan produktivitas. Cara menciptakan momentumnya adalah dengan menyelesaikan tugas-tugas yang bisa Anda selesaikan sekarang.

Seperti yang pernah kita bahas di artikel 5 Kebiasaan Positif yang Perlu Dilakukan Setiap Hari kita sudah tahu betapa pentingnya menciptakan kemenangan-kemenangan kecil. Untuk itu mari ciptakan momentum dengan menyelesaikan tugas yang bisa kita selesaikan saat ini juga.

5. Bangun Suasana Kerja

Menciptakan kembali suasana kerja adalah salah satu tips yang tidak boleh dilewatkan. Jika Anda terbiasa bekerja sambil mendengar musik, atau bekerja sambil ditemani segelas air putih atau mungkin Anda terbiasa berdoa dulu sebelum bekerja maka bangunlah lagi suasana tersebut. Membangun suasana kerja ini adalah salah satu latihan penanaman semangat kerja ke diri kita sendiri. Pada intinya, Anda perlu membangun situasi kerja seperti sebelumnya agar semangat kerja Anda kembali tumbuh.

6. Susun Kembali Rencana Kerja

Agar semangat kerja kita makin berlipat maka susun dan ingat kembali rencana kerja kita. Tentu saja setiap dari kita punya target yang ingin dicapai. Oleh karena itu bangun kembali rencana tersebut, buat skala prioritas yang harus dilakukan untuk mencapai target, dan segera lakukan ACTION.

Dengan menyusun kembali rencana kerja, maka secara tidak langsung kita akan mempengaruhi alam bawah sadar kita untuk lebih giat dan semangat bekerja.

7. Beri Apresiasi dan Istirahat Bagi Diri Anda

Diri Anda selalu butuh apresiasi dan penghargaan. Untuk itu kalau Anda sudah mulai bekerja kembali, lalu Anda mendapatkan “kemenangan kecil” yang penting, maka berikan pujian bagi diri Anda. Puji diri Anda, hormati diri Anda, dan berikan sebuah apresiasi (penghargaan). Hal semacam ini akan memberikan sebuah “reward” yang sangat penting bagi semangat kerja Anda.

Selain itu jangan lupa istirahat, jika hari-hari awal bekerja Anda setelah liburan berlagsung dengan lancar dan semangat, maka berilah istirahat bagi diri Anda. Misalnya dengan rekreasi bersama keluarga, makan bersama keluarga, bersantai sambil menekuni hobi Anda di weekend dan banyak lagi cara lain yang bisa Anda lakukan.

Nah rekan pembaca yang baik hatinya, itu dia 7 tips dari saya untuk membantu Anda meningkatkan semangat kerja sehabis liburan. Mudah-mudahan sajian artikel kali ini bisa bermanfaat bagi kita semua.

Terima kasih.

Jefferly Helianthusonfri.

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • cara membangkitkan semangat kerja
  • membangkitkan semangat kerja
  • cara biar semangat kerja
  • biar semangat kerja
  • tips membangkitkan semangat kerja
  • cara meningkatkan semangat kerja
  • meningkatkan semangat kerja
  • motivasi biar semangat kerja
  • tips motivasi kerja
  • motivasi semangat kerja

One thought on “7 Tips Meningkatkan Semangat Bekerja Setelah Liburan

  1. Rasa malas setelah lama berlibur memang wajar dialami. Tapi kalau kita terus-terusan nyaman dengan kemalasan saat liburan, bisa jadi pekerjaan kita tidak beres dan ditegur oleh bos kita. Bagaimana sobat? Siap bertemu rutinitas dan meningkatkan semangat kerjaselepas libur Lebaran?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *