4 Langkah Awal Supaya Bisa Hidup Sehat

Kesehatan merupakan salah satu harta yang tak ternilai dalam kehidupan kita, tanpa kesehatan maka semua sukses yang kita raih mungkin saja bisa menjadi sia-sia. Untuk itu penting sekali bagi kita untuk mulai dan konsisten menjalani kehidupan yang sehat. Lalu bagaimanakah cara atau langkah awal yang perlu kita lakukan agar bisa hidup lebih sehat?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut pada artikel ini saya akan share 4 langkah awal supaya bisa lebih sehat. Apa saja langkah-langkahnya? Simak yang berikut ini.

1. Miliki Tidur yang Berkualitas

Tidur adalah saat di mana tubuh kita bisa melakukan maintenance dan merupakan saat-saat kita istirahat untuk segar di esok harinya. Karena itu memiliki tidur berkualitas itu sangat-sangatlah penting. Bagaimana cara supaya bisa memiliki tidur yang berkualitas?

Caranya adalah tidur cukup dan bangun lebih awal. Usahakan Anda bisa tidur sampai dengan 7 jam per hari. Jadi misalnya Anda mau bangun jam 04.30 maka tinggal kurangkan saja 7 jam hasilnya adalah jam tidur Anda. Tentu saja kegiatan tidur ini perlu penyesuaian :).

Dengan tidur lebih awal dan bangun lebih cepat (lebih pagi) Anda bisa menikmati segarnya udara pagi dan Anda bisa melakukan aktivitas pagi yang menyenangkan, seperti jalan-jalan pagi, bersepeda, lari pagi dan sebagainya. Dari kegiatan positif tersebut kesehatan kita akan makin terawat.

2. Makan Teratur dan Sehat

Ya, keteraturan makan sangat kita perlukan. Kalau kita menunda makan maka tidak ada manfaatnya bagi tubuh kita, yang ada kita malah jadi rugi. Jadi pastikan diri kita masing-masing disiplin terhadap waktu makan yang sudah jadi komitmen kita. Selain teratur, pastikan pula makanan Anda sehat, perbanyak sayuran, perbanyak makan buah, kurangi nasi, gula pasir, nasih putih, gorengan dan tepung-tepungan. Salah satu tips yang sempat saya baca di internet adalah porsi nasi dulu, jadikan sebagai porsi sayuran. Porsi sayuran dulu, jadikan sebagai porsi nasi. Makan sayuran dan lauk-pauk dulu, sebelum makan nasi.

3. Kontrol Diri Anda dan Berolahraga minimal 3 x Seminggu

Kontrol diri terhadap hal-hal buruk sangatlah diperlukan, gunakan akal sehat Anda. Hindari hal-hal merugikan seperti merokok, minum minuman keras, atau memakai obat terlarang. Selain mengontrol diri Anda juga perlu berolahraga. Jika Anda mau berdisiplin dalam penggunaan waktu sebetulnya tidak ada alasan untuk tidak berolahraga.

Usahakan Anda mampu berolahraga minimal 3 x seminggu, ya berolahragalah misalnya dengan lari pagi (atau sore), bersepeda, main futsal, push up dan sebagainya.

4. Air Putih Saja Deh.. 🙂

Air putih memang punya banyak khasiat yang luar biasa, selain itu air putih juga tidak menggemukkan. Berbeda dengan minuman manis yang mengandung banyak kalori, daripada minum manis-manis lebih baik ganti dengan air putih saja deh. Oleh karena itu coba usahakan supaya dalam sehari kita bisa minum air antara 10-12 gelas.

Kebiasaan minum air putih secara teratur dan konsisten juga akan menjaga kelancaran fungsi ginjal dan saluran kemih. So, air putih saja ya :).

Nah pembaca, bagaimana? Sudah semakin semangat untuk memulai hidup sehat? Lakukanlah 4 langkah di atas maka dalam 4 hari Anda akan merasakan manfaatnya. Kemudian pertahankan hingga bisa jadi 40 hari, 40 tahun dan seumur hidup. Mudah-mudahan sharing ini bermanfaat.

salam super

Jefferly Helianthusonfri

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Incoming search terms:

  • memulai hidup sehat
  • cara memulai hidup sehat
  • langkah awal hidup sehat
  • cara awal hidup sehat
  • mulai hidup sehat
  • artikel motivasi sehat
  • mengawali hidup sehat
  • langkah awal memulai hidup sehat
  • cara mengawali hidup sehat
  • cara awal memulai hidup sehat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *